autonomous system number atau ASN, ASN dikenal juga dengan istilah routing domain, sering kita dengar didunia networking, ASN berkaitan erat dengan salah satu dynamik routing protokol yaitu BGP (Border Gateway Protokol), ASN bertindak sebagai pengidentifikasi pada suatu perusahaan, yang memiliki ASN biasanya ISP atau perusahaan-perusahaan besar, dengan adanya ASN ini ISP atau suatu perusahaan bisa saling bertukar informasi routing dynamik dengan AS lain, karena tiap-tiap ISP atau perusahaan memiliki kebijakan routing yang berbeda-beda maka agar bisa saling bertukar routing diperlukan ASN.

Image

gambar awan diatas merepresentasikan kumpulan-kumpulan perangakat jaringan seperti router, switch, access-point, server, pc dan lain sebagainya disuatu perusahaan.

Corp 1 memiliki kebijakan routing sendiri, Corp 2 memiliki kebijakan routing sendiri, begitu juga masing-masing ISP memiliki kebijakannya masing-masing maka dari masing-masing awan harus memiliki AS number.

terlihat di gambar, Corp 1 dan Corp 2 mempunyai koneksi ke dua ISP, jika Corp 1 ingin menuju ke Corp 2 maka dia bisa melewati ISP 1 atau ISP 2, misalkan path yang dituju oleh Corp 1 adalah Corp 1 -> ISP 1 -> Corp 2. maka AS 100 bertukar routing dengan AS 10 dan AS 10 bertukar routing dengan AS 200, pertukaran routing ini menggunakan routing protokol BGP.

contoh lainnya, kita berlangganan internet pada ISP 5 dan kita ingin membuka situs www.abcdef.com, ternyata situs www.abcdef.com berada di ISP 4 maka ISP 5 harus mengetahui jalur untuk menuju ke ISP 4, misalkan path yang dituju oleh ISP 5 adalah ISP 5 (AS 50) -> ISP 1 (AS 10) -> ISP 2 (AS 20) -> ISP 4 (AS 40), maka masing-masing AS yang dilewati akan saling bertukar informasi

Salam,
danuwi
sent with my Lovelock under Dell Latitude D630

One thought on “autonomous system number

  • irpan

    saya mau tanya, disitu data yang ditukar apa?

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =