Router menyediakan akses ke jaringan lain salah satu contohnya ke internet, untuk bisa internet kita harus mengkonfigurasi IP dan default gateway di PC kita.

Yang dimaksud jaringan adalah yang mempunyai IP jaringan yang berbeda, contohnya disuatu kampus di lab1 dipasang IP 192.168.1.x (x bisa dipasang dari 1 sampai 254) dengan subnet mask 255.255.255.0 maka dia mempunyai satu jaringan dan di lab2 yang lain dipasang 192.168.2.x dengan subnet mask 255.255.255.0 jadi dikampus tersebut mempunyai 2 jaringan jaringan pertama adalah lab1 dan jaringan kedua adalah lab2, lab1 dan lab2 tidak bisa saling berhubungan karena sudah beda jaringan jika mereka ingin bisa saling berhubungan maka dibutuhkanlah alat yang dinamakan Router, fungsi router tidak sesederhana ini, fungsi dasar dari router ada 2, yaitu: menghubungkan 2 jaringan yang berbeda dan mencari jalur terbaik dari sumber ke tujuan.

Karena harga router sangat mahal dan jika kebutuhan kita tidak terlalu besar atau hanya untuk menghubungkan dua jaringan kita juga bisa memakai PC Router, PC Router adalah PC yang khusus difungsikan sebagai router, PC ini telah dilengkapi dengan sistem operasi khusus seperti mikrotik atau bisa juga dengan linux atau bahkan dengan windows, windows server tentunya seperti windows server 2003, 2008, atau sistem operasi lainnnya. kekurangan dari PC Router adalah kita harus menyediakan slot PCI, sedangkan slot di PCI tidak terlalu banyak, slot PCI dibutuhkan untuk memasang NIC (Network Interface Card) atau biasa disebut LAN Card (meskipun penyebutan LAN Card sebenarnya salah tetapi banyak yang menyebut demikian, dan untuk seterusnya saya akan menyebut dengan nama NIC).

Router memainkan peranan yang penting di dalam jaringan sebagai penghubung bagi banyak jaringan. untuk vendor router ada banyak sekali diantaranya Cisco, Juniper, Alcatel-Lucent dan masih buanyak lagi. Router ada yang kecil ukuran laptop meskipun sedikit lebih besar dan ada yang sampai ukurannya sebesar lemari baju

Cisco Router 2500 (www.nuggetlab.com)

Cisco XR 12000 (www.cisco.com)

3 thoughts on “Pengenalan tentang Router

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + thirteen =